Halaman

Tolak Specimen Darah Tidak akurat

Ini Penyebab Umum Spesimen Darah, Serum dan Plasma Tidak Akurat

"Apa saja yang Menjadi Persyaratan suatu Bahan Specimen dikatakan memenuhi syarat untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium? "

Tentunya dalam melakukan pemeriksaan sampel darah harus mempunyai persyaratan atau kriteria khusus yang diperbolehkan dalam melakukan pemeriksaan, tidak semua bahan darah atau serum specimen dapat langsung diperiksa di peralatan laboratorium, bahkan dalam kasus tertentu bahan ini tidak layak untuk diperiksa atau di analisa di laboratorium walaupun peralatan tersebut berteknologi canggih, karena dimungkinkan bahan ini dapat mempengaruhi hasil itu sendiri sehingga hasil pemeriksaan tidak valid/akurat, akibatnya dokter akan salah mendiagnosis

Ada beberapa ciri suatu specimen Darah/serum tidak Layak diperiksa,diantaranya ;

Hemolisis

Hemolisis terjadi ketika membran yang mengelilingi sel-sel darah merah dan hemoglobin terganggu dan komponen lainnya intraseluler melarikan diri ke serum atau plasma. Hemolyzed serum atau plasma bervariasi dalam warna dari merah muda redup ke terang merah, bukan warna jerami normal. Terlalu atau cukup spesimen hemolyzed dapat ditolak dan bahkan sedikit hemolisis dapat mengubah hasil tes tertentu

Hiperbilirubinemia

Ikterik serum atau plasma bervariasi dalam warna dari gelap ke kuning terang, daripada warna jerami normal. Ikterus dapat mempengaruhi penentuan tertentu. Setelah menerima spesimen seperti itu, kita dapat meminta sampel baru untuk menjamin hasil nilai diagnostik.

TURBIDITY (lipemia)

Keruh, berawan atau susu serum (serum lipemic) dapat dihasilkan oleh adanya zat lemak (lipid) dalam darah. Kontaminasi bakteri juga dapat menyebabkan serum berawan. Cukup atau terlalu spesimen lipemic dapat mengubah hasil tes tertentu.

Makanan yang terakhir dapat menghasilkan lipemia sementara, karena itu, kami merekomendasikan bahwa pasien cepat 12-16 jam sebelum spesimen darah diperoleh.

Radioisotop GANGGUAN


Prosedur diagnostik atau terapi yang melibatkan senyawa radioaktif dapat membatalkan tes radioisotop. Mendapatkan spesimen untuk tes radioisotop diantisipasi sebelum memberikan isotop untuk pasien.

2 silahkan komentar :

  1. Ikterus dapat mempengaruhi penentuan tertentu. Setelah menerima spesimen seperti itu, kita dapat meminta sampel baru untuk menjamin hasil nilai diagnostik.

    ReplyDelete
  2. Wah, jangan sampai sample darah kita salah pengambilan, ntar bisa berabe doong...
    Thanks informasi yach..

    ReplyDelete

Silahkan memberikan informasi...