Halaman

Apa itu penyakit hipertiroidisme

Apa itu penyakit hipertiroidisme?


Hormon Thyroid
Hipertiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid yang terlalu aktif memproduksi jumlah yang berlebihan dari hormon tiroid yang beredar dalam darah. ("Hyper" berarti "di atas" dalam bahasa Yunani). Tirotoksikosis adalah suatu kondisi keracunan yang disebabkan oleh kelebihan hormon tiroid dari penyebab apapun. Tirotoksikosis dapat disebabkan oleh asupan hormon tiroid yang berlebihan atau kelebihan produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid . Karena kedua dokter dan pasien seringkali menggunakan kata-kata bergantian, kami akan mengambil beberapa kebebasan dengan menggunakan istilah "hipertiroid" diseluruh artikel ini.

Mengenal hormon thyroid?

Hormon tiroid menstimulasi metabolisme dari sel. Mereka diproduksi oleh kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid terletak di bagian bawah leher, di bawah jakun . Kelenjar membungkus di sekitar tenggorokan (trakea) dan memiliki bentuk yang mirip dengan kupu-kupu yang dibentuk oleh dua sayap (lobes) dan dilekatkan oleh suatu bagian tengah (isthmus).
 
Kelenjar tiroid menghilangkan yodium dari darah (yang sebagian besar berasal dari diet makanan seperti seafood, roti, dan garam) dan menggunakannya untuk memproduksi hormon-hormon tiroid. Dua hormon tiroid yang paling penting adalah tiroksin (T4) dan triiodothyronine (T3) mewakili 99.9% dan 0.1% dari masing-masing hormon-hormon tiroid. Hormon dengan aktivitas biologis sebagian besar (misalnya, pengaruh terbesar pada tubuh) sebenarnya adalah T3. Setelah dilepaskan dari kelenjar tiroid ke dalam darah, sejumlah besar T4 diubah menjadi T3 - hormon lebih aktif yang mempengaruhi metabolisme sel.

Tiroid itu sendiri diatur oleh kelenjar lain yang berlokasi di otak, disebut pituitari. Pada gilirannya, pituitari diatur sebagian oleh hormon tiroid yang beredar dalam darah (suatu "umpan balik" efek hormon tiroid pada kelenjar pituitari ) dan sebagian oleh kelenjar lain yang disebut hipotalamus , juga merupakan bagian dari otak.

Hipotalamus melepaskan hormon yang disebut thyrotropin releasing hormone (TRH), yang mengirim sebuah signal ke pituitari untuk melepaskan thyroid stimulating hormone ( TSH ). Pada gilirannya, TSH mengirim sebuah signal ke tiroid untuk melepaskan hormon tiroid. Jika overactivity salah satu dari tiga kelenjar terjadi, jumlah berlebihan hormon tiroid dapat diproduksi, sehingga menghasilkan hipertiroidisme.

Hipotalamus - TRH
panah bawah
Hipofisis-TSH
panah bawah
Thyroid-T4 dan T3


Tingkat produksi hormon tiroid dikontrol oleh kelenjar pituitari. Jika ada cukup jumlah hormon tiroid yang beredar dalam tubuh untuk mengizinkan fungsi yang normal, pelepasan TSH ditingkatkan oleh pituitari dalam upaya untuk menstimulasi tiroid untuk memproduksi lebih banyak hormon tiroid. Sebaliknya, ketika ada suatu jumlah berlebihan dari hormon tiroid yang beredar, pelepasan TSH dikurangi ketika pituitari mencoba untuk mengurangi produksi hormon tiroid. 

4 silahkan komentar :

  1. Tiroid itu sendiri diatur oleh kelenjar lain yang berlokasi di otak, disebut pituitari.

    ReplyDelete
  2. Hipotalamus melepaskan hormon yang disebut thyrotropin releasing hormone (TRH), yang mengirim sebuah signal ke pituitari untuk melepaskan thyroid stimulating hormone ( TSH )

    ReplyDelete
  3. tiroid untuk memproduksi lebih banyak hormon tiroid. Sebaliknya, ketika ada suatu jumlah berlebihan dari hormon tiroid yang beredar, pelepasan TSH dikurangi ketika pituitari mencoba untuk mengurangi produksi hormon tiroid.

    ReplyDelete
  4. ingkat produksi hormon tiroid dikontrol oleh kelenjar pituitari. Jika ada cukup jumlah hormon tiroid yang beredar dalam tubuh untuk mengizinkan fungsi yang normal, pelepasan TSH ditingkatkan oleh pituitari dalam upaya untuk menstimulasi tiroid untuk memproduksi lebih banyak hormon tiroid

    ReplyDelete

Silahkan memberikan informasi...