Halaman

Mengenal Hepatitis C

Apa itu Hepatitis C ?

Virus hepatitis C  salah satu penyebab penyakit hati di Indonesia.
Hepatits C disebabkan oleh Virus yang dapat menyerang fungsi hati kita, penyakit ini dikenal sebagai silent epidemic yaitu penyakit dengan gejala yang tidak terlihat.
Bagaimana Virus Hepatitis ini Menyerang Tubuh?


Dalam bahasa latin “hepatitis” berarti ”peradangan hati”. Penyebab peradangan ini bisa bermacam-macam, mulai dari virus, bahan kimia, obat-obatan dan alkohol. .
Banyak orang yang mengidap Hepatitis C tetapi sebagian besar dari mereka tidak sadar karena mereka tidak merasakan gejalanya selama bertahun-tahun sejak terinfeksi. Itulah alasan terbesar mengapa melakukan tes dan pengobatan menjadi sangat penting.

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Se dunia (WHO) tahun 2000:
  • Angka kejadian infeksi virus hepatitis C di Indonesia hampir 2,4% dari seluruh penduduk terinfeksi (sekitar 7 juta orang).
  • Virus hepatitis C genotipe 1 merupakan genotipe yang paling sering ditemukan di Indonesia (sekitar 60%-65%).
  • Genotipe 1 merupakan genotipe yang sulit diobati/disembuhkan. 

Jenis Virus hepatitis


Terdapat 7 jenis virus hepatitis yaitu: A, B, C, D, E, G dan TT. Di antara semua jenis virus ini, virus hepatitis C merupakan salah satu penyebab infeksi hati menahun (kronik) dan dapat berakhir pada sirosis, kanker hati dan kematian. Diperkirakan virus hepatitis C telah menyerang lebih dari 170 juta orang di seluruh dunia.

Penularan

Virus hepatitis dapat menular dari satu orang ke orang lain, dengan cara penularan yang berbeda-beda. Hepatitis A menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, sedangkan virus hepatitis B dan C menyebar terutama melalui kontak darah dan cairan tubuh. Seseorang bisa saja terinfeksi lebih dari 1 jenis virus hepatitis. 

Resiko

Karena risiko yang berbahaya bagi hati penderita, seseorang yang menderita hepatitis C harus berkonsultasi dengan dokter untuk juga mendapatkan vaksin terhadap hepatitis A dan hepatitis B. Tidak seperti hepatitis A dan B, hepatitis C belum ada vaksinnya.


0 silahkan komentar :

Post a Comment

Silahkan memberikan informasi...