Halaman

Pemeriksaan IgE spesifik

 

Definisi

IgE atau Immunoglobulin E, adalah protein yang dilepaskan oleh sistem kekebalan sebagai bentuk respon perlawanan terhadap suatu zat yang akan menyerang tubuh, dan dapat berupa zat atau senyawa pemicu alergi (alergen), adanya infeksi terutama infeksi parasit seperti cacing, atau adanya penyakit yang menyerang kekebalan tubuh.



Pemeriksaan IgE spesifik 

bertujuan untuk mendeteksi kadar IgE spesifik yang dikeluarkan oleh tubuh untuk melawan zat atau materi yang memicu alergi (alergen), digunakan untuk menentukan kondisi alergi pada pasien atau tidak


Indikasi

  • Terdapat beberapa kondisi yang memerlukan pemeriksaan IgE, baik pemeriksaan IgE total ataupun IgE spesifik. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk dilakukan pemeriksaan IgE total jika anda mengalami kondisi atau menderita penyakit dibawah ini:

    • Alergi
    • Penyakit terkait reaksi alergi, seperti rhinitis (peradangan lapisan hidung) atau asma
      • Mengalami gejala gangguan pernapasan yang berlangsung lama
      • Sering mengalami gejala kulit seperti kemerahan, gatal-gatal atau biduran
    • Mengalami reaksi alergi berat (anafilaksis)
    • Infeksi parasit
    • Penyakit autoimun, dimana tubuh menyerang sel tubuh sendiri karena mengira sel tersebut merupakan zat asing
    • Sebagai salah satu cara untuk memantau keberhasilan terapi

    Sedangkan untuk pemeriksaan IgE spesifik dapat dilakukan pada kondisi alergi kronik yang tidak kunjung hilang dan belum diketahui pemicunya. Melalui pemeriksaan ini, dapat diketahui bahan atau materi yang memicu alergi dengan menggunakan makanan atau zat hirup sebagai materi yang memicu reaksi dari IgE spesifik yg dikeluarkan oleh tubuh.

    Persiapan Sebelum Pemeriksaan

    Tidak terdapat persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan. Namun begitu, bila Anda akan melakukan pemeriksaan ini, Anda perlu menginformasikan obat-obatan yang sedang dikonsumsi pada dokter dan tenaga kesehatan, karena terdapat beberapa obat yang dapat memengaruhi hasil pemeriksaan. Selain itu, jika pemeriksaan IgE dilakukan pada anak Anda, maka anak perlu diedukasi mengenai pemeriksaan yang akan dilakukan. Seperti menjelaskan bahwa pemeriksaan IgE menggunakan jarum suntik untuk mengambil darah, terdapat sedikit rasa sakit namun hanya sebentar.

    Hasil dan Saran (Pemeriksaan Lanjutan)

    Peningkatan kadar IgE total dalam darah yang melebihi batas normal dapat menandakan adanya beberapa kondisi medis seperti alergi, infeksi, penyakit sistem kekebalan tubuh atau adanya keganasan. Dokter akan menyesuaikan hasil kadar IgE total dalam darah dengan gejala atau riwayat penyakit yang Anda alami. Perlu diingat bahwa kadar IgE total tidak dapat menjadi penentu diagnosis pasti dari keluhan atau gejala yang Anda alami. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan lain untuk bisa menunjang diagnosis penyakit.

    Pada pemeriksaan IgE spesifik, bila ditemukan hasil dalam rentang tinggi, menunjukkan bahwa materi atau bahan pemicu alergi yang digunakan saat pemeriksaan ternyata menimbulkan reaksi alergi yang kuat. Kadar IgE spesifik yang masuk ke dalam kategori sangat tinggi perlu diwaspadai.

    Konsultasikan Ke Dokter yang Tepat

    Jika Anda melakukan pemeriksaan IgE total dan IgE spesifik dan didapatkan hasil yang tidak normal seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya segera dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter penyakit dalam subspesialis alergi dan imunologi. Dokter nanti akan menentukan tindakan ke depannya, seperti bila Anda memerlukan pemeriksaan atau tata laksana lebih lanjut, agar memperoleh terapi yang tepat.



  • https://ai-care.id/imunoserologi/tes-ige

  • Writer : dr Luluk Ummaimah A
    Editor :
    • dr Hanifa Rahma
    Last Updated : Minggu, 16 April 2023 | 12:41

0 silahkan komentar :

Post a Comment

Silahkan memberikan informasi...